welcom ^^

Selasa, 08 Oktober 2013


"Psikologi Manajemen"
       
     Dalam segala kegiatan dalm kehidupan sehari-hari setiap orang  tidak bisa terlepas dari prinsip-prinsip manajemen. Ilmu menajemen ilmiah timbul pada sekitar abad ke-20 di Benua Eropa Barat dan Amerika, dan dikenal sebagai revolusi industry yaitu perubahan-perubahan dalam pengelolahan produksi yang efektif dan efisien

1) Apa itu Manajemen?

            Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam, seperti ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan dsb.
Manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian :
1. Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagaimana cara orang untuk mencapai satu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
2. Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia, yaitu suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaannya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen di sebut manajer.
3. Manajemen sebagi ilmu (science) dan sebagi seni (art), melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen yang dipelajari sejak lama dan dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Sedangkan sebagai suatu seni yaitu pada umumnya manusia adalah managing (mengatur), untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

Manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
1. Encylopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi,
2. Hariman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan,
3. Georgy R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain
           
            Dari definisi diatas ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Tingkatan Manjemen :
Bila dilihat dari tingkatan dari organisasi, manajemen dibagi menjadi tiga golongan yang berbeda yaitu :
·         Manajemen Lini (Pertama)
·         Manajemen Menengah (Midle Manajer)
·         Manajemen Puncak (Top Manajer)


2) Jenis- Jenis Manajemen?

            Definisi Manajemen sendiri terdiri dari berbagai jenis (kategori), misalnya manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen resiko, manajemen pendidikan, manajemen strategi, manajemen sumber daya manusia, manajemen informatika, manajemen produksi, manajemen konflik, manajemen proyek dan sebagainya. Lebih lanjut mengenai pengertian dari 10 jenis manajemen tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Manajemen keuangan adalah merencanakan, menganggarkan, mencari, menyimpan, memeriksa, mengelola dan mengendalikan dana yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok (perusahaan maupun organisasi).
  2. Manajemen pemasaran adalah suatu proses yang berjalan dengan tujuan agar menetapkan suatu harga serta promosi, menyalurkan gagasan dan sebagainya agar dapat mempertahankan "kehidupan" suatu perusahaan maupun untuk mengembangkan perusahaan tersebut sehingga pada akhirnya dapat mencapai keutungan yang maksimal dengan pengorbanan seminimal mungkin.
  3. Manajemen resiko adalah suatu pendekatan metodologi yang terstruktur dengan maksud agar dapat mengelola kemungkinan - kemungkinan buruk yang dapat terjadi (ancaman).
  4. Manajemen pendidikan adalah sumber - sumber pendidikan dibuat lebih terpadu/terpusat agar tujuan pendidikan tercapai secara efektif maupun efisien.
  5. Manajemen strategi adalah suatu proses yang dilakukan guna mengidentifikasi (menganalisis) "apa" dan "bagaimana" hasil yang ingin di capai tersebut.
  6. Manajemen sumber daya manusia (SDM) adalah merupakan cara untuk mengatur suatu hubungan maupun peran para tenaga kerja (SDM) yang dipunyai oleh suatu 1 orang/kelompok agar dapat dipekerjakan secara maksimal tetapi tetap menonjolkan keefektifan serta efisien, agar dapat mencapai tujuan.
  7. Manajemen informatika adalah memanfaatkan sumber daya (dalam hal ini, segala yang berhubungan dengan informatika) agar kelak dapat tercapai tujuan yang ditetapkan.
  8. Manajemen produksi adalah aktivitas mengatur, mengkoordinasi, serta mengawasi bagaimana sumber daya (manusia, alat, dana, bahan) digunakan secara efektif dan efisien agar dapat menciptakan suatu barang/jasa yang memiliki nilai kegunaan yang tinggi.
  9. Manajemen konflik adalah bagaimana mengatur, mengkoordinir/mengarahkan suatu konflik yang sulit untuk diakhiri hingga akhirnya dapat mengakhiri konflik tersebut. Biasanya yang melakukan manajemen konflik ini adalah para pelaku konflik maupun perantara (pihak ketiga/penengah) dari konflik tersebut.
  10. Manajemen proyek adalah suatu proses kegaiatan manajemen dalam suatu proyek


3) Apa itu Kepemimpinan?

George R. Terry ( diSutarto, 1998 : 17)
"Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan."


 Penetapan Perencanaan


Manajemen"


      Perencanaan diperlukan dan terjadi dalam berbagai bentuk oraganisasi, sebab perencanaan ini merupakan proses dasar manajemen di dilam mengambil suatu keputusan atau tindakan.

1) Pengertiang Perencanaan?
  Perencanaan yaitu fungsi seorang manajer yang berhubungan dengan pemilihan dari sekumpulan kegiatan-kegitan dan pemutusan tujuan-tujuan, kebijaksanaan-kebijaksanaan serta program-program yang dilakukan. Kebutuhan akan perencanaan semakin hari semakin meningkat, dimana peningkatan tersebut punya akibat potensial terbesar terhadap sukses dan gagalnya manajemen. Untuk itulah perencanaan harus mempertimbangkan kebutuhan fleksibilitas. Ada empat tahap perencanaan yaitu penetapan tujuan, merumuskan keadaan saat ini, mengidentifikasikan kemudahan dan kesukaran yang dihadapi serta mengembangkan rencana.

2) Manfaat Perencanaan?
       Karena setiap organisasi perlu menyusun suatu rencana karena masa depan penuh dengan hal-hal yang tidak pasti maka, perencanaanlah yang bermanfaat sebagai  pedoman untuk bertindak agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan perlu disusun suatu rencana.
Menurut Louis A. Allen kegiatan-kegiatan fungsi perencanaan yaitu :
·      Forecasting yaitu memperkirakan pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan pada saat yang akan mendatang yang akan dilakukan oleh menajer,
·      Estabilising objectives yaitu dibuat suatu program yang terdiri dari apa yang telah direncanakan keseluruhannya baik tujuan tiap pekerjaan maupun tujuan global,
·      Progamming yaitu dibuat suatu program yang terdiri dari serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan tetentu berdasarkan pada prioritas pelaksanaan,
·      Sceduling yaitu pembuatan jadwal pekerjaan sehingga dapat diselesaikan tepat pada waktunya,
·      Buggeting yaitu penyusunan anggaran untuk mengalikasikan sumber-sumber yang ada atas dasar efisiensi dan efektivitas, anggaran belanja ini di nyatakan dalam bentuk uang,
·      Developing prosedur yaitu menentukan cara yang tepat dalam penyelenggaran pekerjaan didalam rangka adanya efisiensi, efektivitas dan keseragaman pekerjaan,
·      Estabilising dan interpreting policy yaitu manajer harus dapat menafsirkan kegiatan yang akan diambil agar terjami dalam keselarasan dan keseragaman kegiatan serta tindakan yang akan dilakukan. 

3) Jenis Perencanaan dalam Organisasi?

            Berdasarkan luas cangkupan masalah yang dihadapi oleh manajer dalam suatu organisasi serta jangka waktu yang berada dala suatu rencana, maka rencana dapat digolongkan dalam tiga bentuk :
1. Rencana Global (Global Plan)
            Rencana ini berisikan tentang penentuan tujuan suatu organisasi secara menyeluruh. Tujuan global ini dapat dipandang sebagai misi suatu organisasi. Dimana dalam pengembangannya harus memperhatikan situasi dan kondisi serta perkembangan organisasi di masa yang akan datang, yang tidak lepas dari kekuatan yang dimiliki oleh oragnisasi. Analisa penyusuanan rencana global terdiri dari Strength, Weaknesses, Opportunity dan Treath.
2. Rencana Strategik (Strategic Plan)
            Adalah bagian dari rencana global yag terperinci, dimana dengan menyusun kerangka kerja yang akan dilakukan untuk mencapai rencana global, dimensi waktunya adalah panjang. Dalam pencapaian dilakukan dengan sistem prioritas, mana yang akan dicapai terlebih dahulu.
3. Rencana Operasional
 Rencana itu meliputi perencanaan terhadap kegiatan-kegiatan operasional dan bersifat jangka pendek.
                           


Daftar Pustaka
Abdulmukhlyi, Muhammad, Pengantar Manajemen Umum, Gunadarma, Jakarta, 1995.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar