PT. Sinar Sosro
merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agro industri yang
memproduksi berbagai macam produk dengan menggunakan pucuk daun teh sebagai
salah satu bahan baku utamanya, dimana salah satu produknya adalah Teh Botol
Sosro. Teh Botol Sosro merupakan produk teh siap minum pertama di Indonesia
yang di kemas dalam botol dan telah dikenal oleh masyarakat luas.
Persaingan yang
begitu ketat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang beredar di pasaran.
Berdasarkan data pada PT. Sinar Sosro terdapat tujuh merek teh dalam kemasan
botol yang beredar di Indonesia, yaitu Teh Botol Sosro, Fruit Tea, TEBS, S-tee,
Frestea, Tekita. PT. Sinar Sosro pada saat ini dihadapkan pada berbagai saingan
produk minuman ringan yang tidak hanya dari pesaing lokal, namun juga pesaing
asing. Persaingan berbagai merek teh dalam kemasan botol membuat perusahaan
lebih berhati – hati dalam merancang strategi pemasarannya.Perusahaan akan
berhasil memperoleh pelanggan dalam jumlah yang banyak apabila dinilai memiliki
citra baik dalam benak konsumen. Terciptanya citra baik dalam benak konsumen
akan menumbuhkan kepuasan pelanggan yang dapat memberikan beberapa manfaat. Keberhasilan
Sosro tidak lepas dari brand “teh botol” yang didapatkannya, persis seperti
aqua menjadi brand pada air putih. Berikutnya Sosro semakin kuat karena
jaringan distribusi Teh Botol yang sangat kuat sampai di titik akhir pelosok.
Persis seperti Aqua dengan air putihnya, pemain lain terlambat masuk di segmen
teh dalam botol, karena menganggap lalu ide air teh masuk dalam botol.
Yang masih
kurang dari Teh Botol adalah upaya – upaya mempertahankan image secara above
the line. Upaya iklan di media massa, event, maupun promosi yang akan terus
membuat teh botol tertancap di kepala konsumen masih jarang dilakukan. Terkesan
Teh Botol merasa sudah besar dan yakin dengan penetrasi produk yang telah
dilakukannya sehingga tidak perlu lagi melakukan promosi above the line secara
intensif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar